'cookieChoices = {};' Nasihat Islami, Dan Kesehatan Islami.: Mengenal Miom dan Kista

Monday, August 25, 2014

Mengenal Miom dan Kista

hmramly::Sekedar Informasi, Menjaga keimanan, Ahklakul karimah, budi luhur,kesehatan, lansia sehat,Kesehatan Lansia, Psikologi Lansia, pasien Geriatri dan Psikogeriatri, Gerontologi, aspek fisiologis, psikologis, sosial, kultural, ekonomi,  anti-aging therapies , berita berita. Mengaku iman pasti dicoba, Jadi Orang kaya Cobaan, jadi orang miskin juga cobaan. Mengikat keimanan, mempersungguh, mengagungkan, syukur dan berdoa,Ciptakan kerukunan mulai dari keluarga sampai dalam bermasyarakat. Belajar menerampilkan bertuturkata baik, Sabar keporo ngalah, Jujur dana amanah, tidak merusak kehormatan hak asasi sesama, saling menghargai dan saling memperhatikan. Ciptakan generus yang solih, alim dan faqih, berakhlaqul karimah, dan mandiri, serta punya tobiat luhur, Jujur, amanah, rukun, kompak, kerjasama yang baik, mujhid muzhid, wujudkan falsafah roda berputar, yang lemah dibantu, yang tidak bisa diberi pelajaran, yang lupa diingatkan, yang salah diarahkan pada kebenaran dan disuruh bertaubat.Harus punya keyakinan yang kuat pada Allah dan Rasul, setelah mati ada kampung akhirat sorga dan neraka. Perjalanan akhirat itu sangat panjang penuh penderitaan sebelum ditempatkan di sorga atau dineraka, kecuali orang yang berimanSebagai Muslim harus tahu bahwa punya buku pegangan utama ,Alquran dan alhadist. Muslim wajib meningkatkan ilmu, ilmu dunia utamanya ilmu akhirat karena ilmu akhiratmu bakal ditanya.Berlatih bersangka baik (husnudhon) jangan bersangka jelek (syakudhon). Paham teori praktek, mana halal mana harom, mana sah mana tidak sah, mana iman mana kafir, mana pahala mana dosa, mana menikah mana berzinah, mana suci mana tidak suci, mana mahrom mana bukan mahrom, mana pahala mana dosa, mana membawa kesorga mana membawa keneraka. Koreksilah dirimu sebelum kamu dikoreksi Allah. Alasan alasanmu didunia hanya mendatangkan penyesalan disisiNya.Penyesalan itu datangnya belakangan dan tidak ada gunanya kalau sudah disisi Allah. Berdoalah, mungkin qodar anda dapat berobah. Karena tidak ada yang bisa merobah qodar Allah kecuali dengan doa.Jagalah hati, makhmumil qolbi.Awal dari kehancuran manusia bila ia lebih mencintai dunia dan takut mati, wahnun.


Mengenal Miom dan Kista.






Sekedar informasi, ternyata banyak juga wanita yang mengalami gangguan organ reproduksi perempuan. Wah kalau sedang sakit, sakiiiiiitt, kasihaan, gak sampai hati melihatnya. Nah ternyata rumah tangga muda ga ketinggalan mengalami hal yang serupa. Karuan saja ga kebayang gimana bingungnya itu keluarga itu. Nah dari pada menyangka ini, menyangka begitu, tidak baik disisi Allah Swt. Karena Allah itu tergantung persangkaan hambanya, Allah menasehati hambanya, agar berdoa minta yang baik baik pada Allah. Barang siapa yag ingin dunia harus dengan ilmunya dan siapa yang mau akhirat harus dengan ilmunya, barang siapa yang ingin keduanya ya harus dengan ilmunya juga, ini juga dalil harus dipahami. Urusan dunia soal ini penyakit ikut perlu dipahami agar tidak risau, utamanya pada keluarga muda. Mudah mudahan manfaat dan barokah.


Miom adalah istilah medis untuk tumor dinding rahim. Asal muasalnya sel otot dibanding rahim, namun berubah menjadi tumor dan menempel di otot dinding rahim tersebut. Berukuran sebesar kacang polong sampai sebutir angggur, miom kenyal dan bisa tumbuh cepat atau lambat, sehingga awalnya satu, lama-lama banyak. Untungnya, menurut medis statistik sebagian besar kasus miom tidak berbahaya, karena jarang berubah menjadi kanker. 

Gejala miom. Jika ukurannya kecil, adanya miom di tubuh sulit dideteksi. Namun bisa cukup besar, akan timbuil gejala: 
• Nyeri perut atau pinggul. 
• Perut tersa penuh dan kadang membesar seperti wanita hamil.
• Nyeri saat bersenggama. 
• Gejala anemia karena kehilangan darah haid. 
• Sering berkemih karena miom menekan kandung kemih.
• Tekanan pada panggul. 
• Gangguan haid seperti tidak teratur, nyeri, dna pendarahan tidak normal (lebih banyak atau lebih lama). 

Peluang hamil. Berkurang jika, miom tumbuh di saluran leher rahim, kerena leher rahim menjadi kecil dan menghambat masuknya sperma ke rahim sehingga mempersulit pembuahan. Jadi miom harus dihilangkan dulu. Miom juga akan membuat sulit hamil, jika tumbuh di dinding rahim karena menghambat “penanaman” atau implantasi sel telur yang telah dibuahi di sana. 

Hamil dengan miom. 
Perlu berhati-hati. Pada trimester pertama ada ancaman keguguran sebab miom yang membesar akan mendorong embrio sehingga tidak bisa menempel dengan baik di dinding rahim. Bila kehamilan berlanjut, miom dapat mendesak janin sampai plasenta previa (plasenta tumbuh di bawah rahim) dan pendarahan persalinan. 

Beda Kista dan Miom

Meski sekilas tampak sama, tapi kedua “pengganggu” organ reproduksi perempuan yakni kista dan miom ini ternyata berbeda.
Walau belum ada data pasti jumlah penderita kista dan miom, namun berkat kesadaran masyarakat yang semakin tinggi dan canggihnya alat kedokteran, kini lebih banyak terdiagnosa penderita miom atau kista, khususnya yang ada di organ reproduksi. Jika Anda masih belum jelas perbedaan keduanya, tabel berikut bisa membantu. (me)

Kista
Miom
Definisi
Tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan dan berisi cairan.
Bungkus otot rahim yang berubah menjadi tumor jinak. Istilah sederhananya, daging-tumbuh di rahim.
Lokasi
·         Biasa terdapat di rahim, saluran telur, indung telur, dan juga dapat tumbuh di vagina dan di daerah vulva (bagian luar alat kelamin perempuan).
·         Bisa juga terjadi di bagian tubuh lain seperti gusi.

·         Sebagian besar miom tumbuh di dalam dinding rahim (miom uteri). Gejala yang ditimbulkan biasanya tidak akan terlalu berat dan jarang mengganggu kehamilan.
·         Sebagian kecil lagi tumbuh di leher rahim(miom servik uteri).Bisa menyebabkan infertilitas, karena akan mengganggu masuknya sperma ke rahim.
Gejala
·         Nyeri di perut bagian bawah.
·         Nyeri saat haid.
·         Sering merasa ingin buang air besar atau kecil.
·         Pada keadaan yang sudah lanjut dapat teraba benjolan pada daerah perut.
Catatan: ada jenis kista yang tidak memberikan rasa nyeri, sehingga penderita tidak menyadarinya.
·         Nyeri di perut bagian bawah, atau di sekitar pinggul.
·         Nyeri saat sanggama.
·         Gangguan haid, sepertinyeri saat haid, perdarahan haid sangat banyak, dan haid tak beraturan (sering haid).
·         Perut terasa penuh.
·         Sebagian wanita kadang mengeluhkan frekuensi buang air kecil yang tinggi (ingin pipis terus).
Penyebab
Sampai sekarang belum diketahui pasti, sehingga belum bisa dicari cara pencegahannya.Tetapi diduga, kista disebabkan pencermaran oleh bahan-bahan yang bersifat karsinogenik, misalnya zat kimia.
·         Faktor hormonal, terutama hormon estrogen. Miom cenderung berkembang pada masa reproduksi, dan dapat bertambah besar dengan cepat selama kehamilan. Miom biasanya menyusut setelah menopause ketika kadar estrogen menurun.
·         Faktor-faktor lain seperti ketidakseimbangan emosi, misalnya sering stres, daya tahan tubuh rendah, dan gaya hidup yang tidak seimbang.
Penanganan
Tergantung jenis kistanya.
·         Kistanon-neoplastik.Sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2-3 bulan.
·         Kistaneoplastik ditangani melalui operasi. Relatif mudah diangkat dan tidak membahayakan kesehatanpenderitanya
Dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:
·         Miomektomi: yaitu operasi pengangkatan miom tanpa mengorbankan rahim.
·         Histerektomi: yakni pengangkatan miom bersamaan dengan ra




Operasi Miom Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil
Menimbulkan pendarahan. Berbeda dengan kista, pengangkatan miom ketika hamil tidak boleh dilakukan. Karena miom adalah tumor yang terletak pada rahim, sehingga pengangkatan miom jelas menimbulkan pendarahan dan langsung mengganggu rahim serta janin. Pengangkatan miom biasanya dilakukan minimal 3 bulan setelah persalinan, yaitu ketika kondisi rahim sudah kembali seperti semula.

Boleh dilakukan. Ada pengecualian, yaitu pada miom yang mempunyai tangkai dan menimbulkan rasa nyeri yang amat sangat ketika terpuntir. Bisanya operasi yang dilakukan merupakan tindakan gawat darurat yang tidak direncanakan dan hanya dilakukan ketika terjadi kondisi yang disebutkan tadi. 



Operasi Kista Saat Hamil

Operasi kista saat hamil tidak secara langsung mempengaruhi rahim dan janin di dalamnya, karena kista terletak pada ovarium atau indung telur, yang posisi dan aliran pembuluh darahnya terpisah dari rahim. Berikut kondisi yang perlu diperhatikan 

Janin aman. 
Meski sedang hamil, seorang ibu dapat melakukan operasi pengangkatan kista. Tindakan ini tidak secara langsung mempengaruhi rahim dan janin di dalamnya, karena kista terletak pada ovarium atau indung telur, yang posisi dan aliran pembuluh darahnya terpisah dari rahim. Keputusan dilakukannya operasi atau tidak, amat ditentukan oleh ukuran dan jenis kista.

Waktu operasi. 
Operasi paling baik dilakukan pada usia kehamilan sekitar 16 minggu, sebab secara teknis, pada kehamilan yang terlalu besar operasi amat sulit dilakukan tanpa mengganggu rahim dan janin. Bila kehamilan terlanjur besar, pada kondisi kista yang besar, operasi sebaiknya dilakukan segera seusai persalinan.

Jika kista tidak diangkat. 
Dapat terjadi komplikasi berupa puntiran pada kista yang dapat menimbulkan rasa nyeri hebat serta pendarahan di dalam kista. Komplikasi ini dapat membahayakan nyawa ibu. Pada kondisi tidak terjadi puntiran, kista yang berukuran besar dapat menggangu proses turunnya janin ke jalan lahir. Kista yang terlalu besar juga berisiko pecah dan mengganggu tahim serta pertumbuhan janin di dalamnya.



Source and image : ayahbunda.co.id

No comments:

Post a Comment

Popular Posts