'cookieChoices = {};' Nasihat Islami, Dan Kesehatan Islami.: Bagaimana Bisa Kerja Deep Work

Tuesday, August 21, 2018

Bagaimana Bisa Kerja Deep Work



Bagaimana Bisa Kerja Deep Work, untuk mendapatkan hasil karya besar? Pernah terjadi sekitar tahun 2010, seorang penulis Nicholas Carr membuat buku berjudul The Shallows: What the Internet Is Doing to Our Brains. Buku ini mendapat nominasi Pulitzer,   pesan  buku ini jelas sekali : Berhati-hatilah urusan internet, karena dia bisa membuat jarak perhatian kita menjadi lebih pendek  . Menjadikan kita susah untuk fokus, terpengaruh, belum selesai satu link pindah lagi ke link yang lain . Akhirnya  kerja kita tidak beres beres. Pikiran kita jadi pindah sana pindah sini.

Demikian itu Cal Newport mengatakan dalam bukunya, tentang Deep Work, kemudian Nicholas Carr menguatkan hipotesis  ini. Sementara Newport mengatakan susah menemukan orang yang bekerja mendalam – atau melakukan sikap deep work. Sebagian besar shallow work, yaitu orang melakukan kerja-kerja dangkal asal asalan – . Akhirnya tidak ada karya besar , orang sebagian besar tidak mampu menghasilkannya . Mereka hanya sekedar membuat hasil karya-karya tidak mendalam yah hanya seadanya. Karya yang mudah ditiru karena bernilai rendah.

Seperti apa itu Deep Work , jawabannya paling tidak, ada empat hal agar suatu kerja bisa disebut kerja dengan cara deep work.

- Biasakan kalau kerja satu macam tugas kerja saja yang membebani kita, jangan mengikuti macam macam kerja yang ada di kepala mau dikerjakan semua. Kalau menulis, menulis saja, kalau membaca, membaca sajalah, kalau mau melukis, melukis dululah sampai tuntas, semua karena ingin mendapatkan hasil deep work
Mengerjakan satu tugas pekerjaan ini penting, karena kalau tidak , ada biaya yang kita buang sia sia. Yang jelas produktivitas kita menjadi tidak maksimal. Belum sempurna pada satu macam pekerjaan kita berpindah pekerjaan lain, sementara waktu mengerjakan pekerjaan lain masih saja tersisa pikiran kita pada pekerjaan yang awal, itu tidak mendatangkan kebaikan buat kemajuan kita.

- Pastikan tidak ada gangguan. Apa saja yang sekira mengganggu kita bekerja, kita kondisikan dulu. Umpama kita pesan kepada keluarga atau siapa agar tidak memanggil atau mengetuk pintu kamar kerja kita. Yang lain mungkin telpon, kita matikan dulu, kalau perlu koneksi internet putuskan dulu sementara. Kalau ini tidak bisa di atasi, kita kerja bisa jadi mudah lelah, tidak bisa fokus apa seharusnya kita kerjakan sehingga deep worknya tidak dapat.

- Fokus semangat kerja tinggi. Tidak mudah dapat hasil kerja deep work, kalau tidak memiliki fokus semangat kerja tinggi. Tidak bisa mencurahkan pikiran kita kerja kita dengan maksimal. Karena itu paling baik selehke disik (jw) tarok dulu hal hal terbesit di hati pikiran kita walau itu penting juga ( brain dumping)

- Latih dalam jarak waktu panjang. Tak masuk akal dapat hasil kerja deep work, sulit menciptakan karya besar, kalau hanya sekedar beberapa menit. Usahakan tiga sampai lima jam kalau perlu lebih sehari atau dua hari penuh untuk bekerja cara deep work buat menghasilkan karya besar.

Subhanallah , lakukanlah karya besar dalam hidup anda dengan cara deep work. Kita tidak bisa memahami sesuatu buku atau artikel kalau membacanya hanya sekilas. Kita harus serius, mengulang ngulang deep learn.Lebih baik kita berlatih berhari hari menjadi bisa, dari pada berlatih bertahun tahun tidak bisa.



No comments:

Post a Comment

Popular Posts